HUBUNGAN PENGGUNAAN LAYANAN KOMUNIKASI INDIHOME
TERHADAP NILAI BELAJAR IPA KELAS VI SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE
1Eko Cahyono
SD Islam Mohammad Hatta
ABSTRACT
The internet is one of the
information centers that can be found without knowing time and place limits.
The internet is called an information center because it is free from obstacles
and can be accessed at any time, the internet is good because the service to
users is very good so that it can support the online or distance learning
process, learning online can support science subjects that require detailed
explanations. The purpose of this study was to relate the use of indihome
communication services to the value of learning science class VI during online
learning. The subjects of this study were 28 students of SD Islam Mohammad
Hatta class VI who took part in science learning. Parameters observed in
science learning are cognitive aspects. The technique of collecting data is by
observation using a questionnaire. Data analysis using Pearson correlation. The
results show that the average value of indiHome services is 82% while the IPA
value (cognitive aspect) is 84%. The research finding is that there is a correlation
between indiHome services and the sixth grade IPA value, which is 0.613>
0.374
Keyword : Internet service, online
learning, science leraning
ABSTRAK
Internet merupakan salah satu pusat informasi yang
bisa dijumpai tanpa mengenal batas waktu dan tempat.internet disebut sebagai
pusat informasi karena bebas dari hambatan serta dapat diakses kapapun,
internet baik karena layanan terhadap pengguna sangat bagus sehingga bisa
menunjang proses pembelajaran secara online atau jarak jauh, pembelajaran online
dapat mendukung pada matapelajaran IPA yang membutuhkan penjelasan yang detail.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Hubungan penggunaan layanan komunikasi
indihome terhadap nilai belajar IPA kelas VI selama pembelajaran online. Subyek
penelitian ini adalah 28 siswa SD Islam Mohammad Hatta kelas VI yang mengikuti
pembelajaran IPA. Parameter yang diamati dalam pembelajaran IPA adalah aspek
kognitif. Teknik pengumpulan data secara observasi dengan menggunakan angket.
Analisis data menggunakan Korelasi pearson. Hasil menunjukan bahwa nilai
rata-rata layanan indiHome sebesar 82% sedangakan nilai IPA (aspek kognif)
sebesar 84%. Temuan penelitian terdapat korelasi antara layanan indiHome dengan
nilai IPA kelas VI yaitu 0.613>0.374
Kata
kunci : Layanan internet, pembelajaran online, pembelajaran IPA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring dengan
perkembangan globalisasi, yang
dituntut dengan adanya pertukaran informasi yang semakin cepat baik
antar daerah maupun negara, membuat peranan telekomunikasi menjadi
sangat penting. Perkembangan
ini dapat dilihat dari teknologi
yang digunakan untuk menyampaikan
informasi. Telekomunikasi
saat ini tidak hanya dilakukan melalui
saluran telepon, tetapi
juga dapat menggunakan jaringan
internet. Hal ini menuntut perusahaan-perusahaan penyedia jasa layanan
telekomunikasi menjadi semakin
kreatif daninovatif dalam mengikuti perkembangan zaman.
Internet
merupakan salah satu pusat informasi yang bisa dijumpai tanpa mengenal batas
waktu dan tempat.internet disebut sebagai pusat informasi karena bebas dari
hambatan dan dapat menghubungkan dari satu tempat informasi ke tempat informasi lainnya dalam waktu yang
sangat singkat (Novianto, 2013). Berbagai macam akses informasi dan hiburan
online yang ada diseluruh dunia dapat diketahui melalui fasilitas internet.
Internet dapat memberikan keleluasaa penggunannya untuk mengakses internet
dengan sangat mudah tanpa batas, waktu, serta dapat mengakses dimanapun dan
kapanpun berada. Jasa layanan internet yang dapat memberikan layanan dengan
mudah bagi penggunannya adalah IndiHome.
Menurut
Kompas.com (2021) pelayanan optimal yang diberikan Telkom (IndiHome) terhadap
penggunanya sudah mencapai 169,2 juta orang. Sebanyak 117,7 juta pengguna
tercatat sebagai pengguna layanan mobile data aktif, dari jumlah pengguna
tersebut sudah jelas bawasannya pengguna IndiHome sangat di minati dan terbukti
jelas layanannya sanga bagus. Demi menyediakan layanan internet yang bagus
IndiHome memberikan layanan fixed broadbrand salah satunya diskon pasang baru hingga 70% untuk paket
khusus guru, siswa dan jurnalis serta indiHome mengeluarkan paket Learning from
Home paket ini ditujukan untuk kalangan pelajar baik siswa maupun mahasiswa
Sudah bukan hal yang biasa lagi jika banyak siswa kesulitan dalam belajar
online. Keterbatasan gawai hingga susah koneksi menjadi sebuah hambatan bagi
siswa belajar. Kendala tersebut membuat siswa ketinggalan materi
Menurut
hasil suvey APJIII (2020) Pengguna Internet Indonesia 2019-2020. Saat ini
penetrasi pengguna internet Indonesia berjumlah 73,7 persen, naik dari 64,8
persen dari tahun 2018, ika digabungkan
dengan angka dari proyeksi Badan Pusat Statistik (BPS) maka populasi Indonesia tahun 2019 berjumah 266.911.900
juta, sehingga pengguna internet Indonesia diperkirakan sebanyak 196,7 juta pengguna. Jumlah tersebut naik dari 171
juta di tahun 2019 dengan penetrasi 73,7 persen atau naik sekitar 8,9 persen
atau sekitar 25,5 juta pengguna, “Kalau di tahun lalu kita naik 21 juta dan
tahun ini naik kita 25,5 juta
Penggunan
internet di zaman modern seperti ini sudah dianggap hal yang biasa, tetapi
penggunaan internet yang sangat melonjak drastis adalah ketika ada
Covid-19 membuat pola kehidupan di
masyarakat menjadi berubah. Termasuk salah satunya kebutuhan kepada teknologi.
Dengan hal ini kegiatan masyarakat yang terjadi di luar ruangan semuanya di batasi.
kebijakan tersebut membuat semua kegiatan dilakukan menggunakan internet atau
online. Sehingga penggunaan internet di Indonesia melonjak, pendidikan sekolah
dari SD sampai Perguruan Tinggi sudah berubah sistem menjadi online.
Rencana
pencegahan meluasnya penularan covid-19 seluruh penduduk sekolah khususnya dan
masyarakat luas dan sekitarnya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
(Kemendikbud) menerbitkan beberapa surat edaran yang menyangkut pencegahan dan
pengendalian intinya resolusi dalam penanganan covid-19. Pertama, pada Nomor 2 Tahun
2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Kemendikbud.
Kedua, Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 berisi Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan.
Ketiga, Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 yaitu terkait Pelaksanaan Kebijakan
Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) yang antara
lain memuat bimbingan tentang prosedur belajar dari rumah (Arifa, 2020)
Penerapan
pembelajaran online memungkinkan siswa untuk mengikuti pembelajaran dari rumah
masing-masing. Individu atau siswa dapat mengakses bahan materi dan mengirimkan
tugas yang diberikan oleh guru tanpa harus datang ke sekolah. Hal ini dapat
mengurangi potensi munculnya kerumunan di sekolah seperti yang mungkin terjadi
jika pembelajaran secara tatap muka di dalam kelas tetap dilaksanakan. World Health Organization (WHO)
mengemukakan bahwa membatasi perkumpulan massa dapat mengurangi potensi
penyebaran Covid-19 (Firman, 2020). Pembelajaran yang biasanya mengalami
kendala adalah pembelajaran IPA karena harus menanamkan konsep ke siswa Terlebih
lagi dalam pembelajaran IPA di SD yang mengharuskan untuk pembelajaran tatap
muka, dimana dalam pembelajaran IPA di SD sebagian besar materinya melakukan
percobaan/eksperimen dan tentunya sangat perlu dalam bimbingan guru agar materi
yang diajarkan akan tersampaikan dengan baik
Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) adalah pengetahuan yang diperoleh melalui pengumpulan
data dengan eksperimen, pengamatan, dan tentang sebuah gejala yang dapat
dipercaya (Depdiknas, 2006). Menurut Fauziah (2011), Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis,
sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa
fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsipprinsip saja, tetapi juga merupakan
suatu proses penemuan. Proses pembelajaran IPA harus menekankan pada pemberian
pengalaman secara langsung oleh peserta didik untuk mengembangkan kompetensi
agar menjelajahi dan memahami alam sekitar, yang pada akhirnya mereka menemukan
sendiri konsep materi pelajaran yang sedang dipelajarinya. Selain itu
pembelajaran IPA diarahkan untuk memberi pengalaman langsung sehingga dapat
membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam untuk
alam sekitar. (Nupita, E. 2013). Berdasarkan uraian permasalah diatas maka penulis
ingin melakukan penelitian tentang “Hubungan Penggunaan Layanan Komunikasi
Indihome Terhadap Nilai Belajar IPA Kelas VI Selama Pembelajaran Online”
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang diatas, maka
peneliti diarahkan pada rumusan masalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana hubungan penggunaan layanan komunikasi
IndiHome terhadap nilai IPA kelas VI selama pembelajaran Online ?
1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Hubungan
penggunaan layanan komunikasi indihome terhadap nilai belajar IPA kelas VI
selama pembelajaran online
1.4. Manfaat
Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan
informasi ilmiah, memperkaya khazanah pengetahuan, dan menambah wawasan
keilmuan terutama bagi penulis, siswa, serta masyarakat umum mengenai layanan
IndiHome terhadap nilai belajar IPA kelas VI
BAB II
TINJAUAN
PUSTAKAN
2.1 Pembelajaran Online
Secara umum pembelajaran online adalah suatu
pembelajaran yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan media berbasis
komputer serta sebuah jaringan. Belajar online dikenal juga dengan istilah
pembelajaran elektronik, e-Learning, on-line learning, internet Sumbernya bisa
berasal dari website, internet, intranet, CD-ROM, dan DVD. Selain memberikan
instruksi, e-learning juga dapat memonitor kinerja peserta didik dan melaporkan
kemajuan peserta didik. E-learning tidak hanya mengakses informasi, tetapi juga
membimbing peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang spesifik.-enabled
learning, virtual learning, atau web-based learning. Pembelajaran daring
merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dengan tidak bertatap muka
langsung, tetapi menggunakan platform yang dapat membantu proses belajar
mengajar yang dilakukan meskipun jarak jauh. Tujuan dari adanya pembelajaran
daring ialah memberikan layanan pembelajaran bermutu dalam jaringan yang
bersifat masif dan terbuka untuk menjangkau peminat ruang belajar agar lebih
banyak dan lebih luas (Sofyana, 2019). Pembelajaran daring sangat berbeda dengan
pembelajaran seperti biasa, Menurut Riyana (2019) pembelajaran daring lebih
menekankan pada ketelitian dan kejelian peserta didik dalam menerima dan
mengolah informasi yang disajikan secara online.
2.2 Indihome
IndiHome adalah salah satu
perusahaan anak dari PT. Telekomunikasi yang menyediakan jasa layanan
pemasangan internet kabel dan televisi kabel, saat ini IndiHome menjadi salah
satu perusahaan penyedia jasa layanan internet dan televisi kabel yang paling
diminati di Kota Solo karena dari segi harganya yang lumayan murah serta
jangkauan IndiHome yang mencakup seluruh kota Solo bahkan sampai ke desa.
Selain itu Promosi yang sangat gencar dilakukan IndiHome terbukti berhasil
memikat sebagian besar warga Kota Solo dan menjadikan IndiHome perusahaan yang
besar. Bertempat di pusat Kota Solo menjadikan kantor IndiHome sangat mudah
dijangkau dan ditemukan.
2.2.1 Produk IndiHome
Saat ini
IndiHome menyediakan produk berupa paket Triple Play (Internet, Televisi dan
Telepon). Berikut rincian produk yang ditawarkan IndiHome :
1)
indiHome Fiber merupakan layanan
digital terdepan dengan menggunakan teknologi fiber optik yang menawarkan layanan Triple Play yang terdiri
dari Internet Rumah (Fixed Broadband Internet), Telepon Rumah (Fixed Phone),
dan TV Interaktif (IndiHome TV).
2)
USSE TV adalah kabel berbasis
sambungan optik yang tersambung dengan paker speedy. Layanan televisi
interaktif dan inline yang dapat dinikmati melalui Televisi, PC/Laptop,
Smartphone. Selain chanel-chanel pilihan, USEE TV juga mempunyai beberapa
keunggulan diantaranya:
·
Pause and Rewind, anda dapat
menghentikan (pause) atau memainkan kembali (play) tayangan program TV yang
sedang berjalan. Caranya dengan menekan tombol Pause dan Play pada remote USEE
TV Cable.
·
TV on Demand, anda dapat
menonton kembai tayangan suatu program live/broadcast TV yang telah ditayangkan
sampai satu minggu sebelumnya. Tinggal tekan tombol TVOD pada remote lalu pilih
acara TV pada channel TV dan hari yang diinginkan
3)
IndiHome View merupakan
solusi mudah, cepat dan hemat untuk mengawasi rumah, kantor, toko dengan IP
kkamera yang dapat diakses menggunakan Smartphone/Laptop kapan saja dan dimana
saja.
4)
Trend Micro Security System
adalah layanan Internet Security dari Telkom untuk pelanggan Internet IndiHome
denngan aplikasi Trend Micro sebagai platform. Komputer anda akan terlindung
dari serangan virus, malware, spyware, spam, phising dan konten yang tidak
layak dari Internet sehingga data dan sistem aplikasi terbatas dari gangguan
tersebut
5)
Wifi.id Seamless merupakan
layanan yang diberikan kepada pelanggan IndiHome, agar selalu bisa terkoneksi
dengan mudah dan murah melalui akses internet wifi ke jaringan @wifi.id seluruh
Indonesia secara otomatis (seamless).
6)
Melon – Portal Streaming and
Downloadà Pelanggan IndiHome akan mendapatkan free Streaming dari MelOn
Indonesia.
2.3 Pembelajaran IPA
IPA merupakan ilmu yang berhubungan dengan gejala alam
dan kebendaan yang sistematis, tersusun secara teratur, berlaku umum yang
berupa kumpulan dari hasil observasi dan eksperimen. Sistematis artinya
pengetahuan itu tersusun dalam suatu sistem, tidak berdiri sendiri, satu dengan
lainnya saling berkaitan, saling menjelaskan sehingga seluruhnya merupakan satu
kesatuan yang utuh, sedang berlaku umum maksudnya pengetahuan itu tidak hanya
berlaku atau oleh seseorang atau beberapa orang dengan cara eksperimentasi yang
sama akan memperoleh hasil yang sama atau konsisten (Samatow, 2006). Menurut
Fauziah (2013), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu
tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan
pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja,
tetapi juga merupakan suatu proses penemuan
BAB III
METODE
3.1 Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Lokasi
penelitian di SD Islam Mohammad Hatta Malang, penelitian ini dilakukan tanggal
01 sampai 03 Desember 2021. Subjek penelitian adalah siswa-siswa SD Islam
Mohammad Hatta kelas VI dengan jumlah siswa 28 anak. Metode pengambilan data dengan cara observasi dan
pengisian angket. Uji korelasi menggunakan korelasi
pearson
BAB IV
HASIL DAN
PEMBHASAN
Intepretasi nilai layanan indiHome terhadap belajar IPA kelas VI selama pembelajaran
online mengacu pada kriteria Ridwan (2005).
Tabel. 1 Interpretasi Nilai Minat Membaca
Skor Rata-rata % |
Kriteria |
0-20
|
Sangat
tidak baik |
21-40
|
Tidak
baik |
41-60
|
Cukup
baik |
61-80
|
Baik |
81-100
|
Sangat
baik |
Hasil perhitungan angket penggunaan layanan indiHome
terhadap nilai IPA kelas VI. Ditunjukan pada gambar.1
Gambar.1
Nilai Layanan indiHome
Nilai penggunaan layanan indiHome berdasarkan
Gambar.1 menunjukan hasil 82% berarti tandanya layanan yang dierikan indiHome
sudah sangat baik dalam memberikan layanan. Menurut Hadiyati (1999) pelanggan
merasa puas dan menganggap penting atas sikap Customer Service dalam memberikan
informasi secara jelas dan simpati serta bersikap ramah. Menurut Gunawan (2017) pada dasarnya tujuan dari
suatu bisnis adalah untuk menciptakan para pelanggan yang merasa puas. Oleh
sebab itu perhatian besar terhadap kepuasan pelanggan sebagai alat bersaing
sangatlah penting karena pelanggan yang terpuaskan akan cenderung setia
terhadap perusahaan. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa kepuasan
pelanggan dapat memberikan manfaat, diantaranya hubungan antara perusahaan dan
pelanggan menjadi harmonis, memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang,
dan membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan bagi
perusahaan
Hasil belajar IPA kelas VI selama pembelajaran
online dengan menggunakan fasilitas layanan indiHome. Ditunjukan pada Gambar. 2
Gambar. 2 Nilai
IPA Kelas VI
Rata-rata nilai IPA kelas VI selama
pembelajaran oning didapatkan hasil 84% artinya siswa sudah mengikuti
pembelajaran IPA dengan sangat baik. Kedua hasil layanan indiHome dan nilai
belajar IPA kelas VI selanjutnya akan di uji menggunakan Korelasi Pearson untuk
melihat apakah keduaya saling berhubungan atau tidak.disajikan pada Tabel.2
Tabel.2 Hasil Analisis Korelasi
Parameter |
FHitung |
FTabel |
Sig |
Kesimpulan |
Layanan IndiHome |
0.613 |
0.374 |
0.001 |
Ada Korelasi Kedua variabel |
Nilai IPA |
0.613 |
0.374 |
0.001 |
Berdasarkan Tabel. 2 nilai signifikansi antara layanan indiHome dengan
nilai IPA kelas VI adalah sebesar 0.001<0.05 yang berarti menunjukan adanya korelasi
yang signifikan antara kedua variabel layanan indiHome dengan nilai IPA kelas
VI. Berdasarkan FHitung hubungan layanan indiHome dengan nilai IPA
kelas VI adalah sebesar 0.613>0.374 maka dapat disimpulkan kedua
variabel memiliki hubungan, dengan derajat
hubungan korelasi kuat, bentuk hubungan positif, yaitu dimana layanan indiHome
dengan nilai IPA kelas VI tidak bertanda negatif dengan nilai 0.613. jadi bisa
disimpulkan bahwa semakin bagus layanan
indiHome semakin tinggi pula nilai IPA kelas VI.
Layanan yang bagus dapat memberikan kepuasan tersendiri kepada konsumen,
definisi kepuasan menurut Zeithaml (2000) respon atau tanggapan pelanggan
(konsumen) berkenaan pemenuhan kebutuhan. Kepuasan merupakan penilaian mengenai
ciri atau keistimewaan barang atau jasa, yang menyediakan tingkat kesenangan
konsumen berkaitan dengan pemenuhan konsumsi pelanggan. Diera saat ini layanan
internet harus semakin bagus karena khususnya di bidang pendidikan sangat
membutuhkan sekali demi kelancaran pembelajaran serta bisa mendorong siswa
lebih semangat belajar sehingga bisa mendapatkan nilai yang bagus.
Fasilitas
belajar merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan
proses belajar mengajar. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila
katersediaannya yang memadai disertai dengan pengelolaan dan pemanfaatan secara
optimal. Untuk mengoptimalkan penyediaan, pendayagunaan, perawatan dan
pengendalian saran dan prasaranan pendidikan, sekolah dituntut untuk memiliki
kemandirian untuk mengatur dan mengurus kebutuhan sekolah menurut kebutuhan
berdasarkan aspirasi dan partisipasi warga sekolah dengan tetap mengacu pada
peraturan dan perundang-undangan pendidikan nasional yang berlaku. Tanpa
fasilitas belajar yang baik, sekolah sulit melahirkan keluaran yang kompeten
(setijoprojo, 2015).
Bukan
hanya fasilitas belajar di sekolah yang dapat mempengaruhi kualitas belajar
anak, tetapi fasilitas belajar di rumah juga berpengaruh. Fasilitas belajar
merupakan faktor penting dalam menentukan motivasi dan hasil belajar. Dengan
adanya fasilitas belajar di rumah yang lengkap akan sangat penting dan membantu
bagi anak dalam proses belajar. Fasilitas tersebut dapat berupa alat tulis,
tempat belajar maupun fasilitas belajar lainnya seperti internet di masa
pandemi Covid-19 saat ini
BAB V
KESIMPULAN
5.1 Kesimpulan
Kesimpulan
penelitian ini berdasarkan uji korelasi person layanan indiHome dengan nilai
belajar IPA kelas VI memiliki korelasi (hubungan) dengan betuk hubungan positif
artinya semaikin tinggi layanan indiHome semakin tinggi nilai belajar IPA siswa
kelas VI. Untuk mendukung supaya siswa semakin giat belajar dan mendapatkan
nilai yang bagus orang tua harus menyediakan sarana prasarana yang memadai
salah satunya jaringan wifi guna untuk melancarkan proses belajarnya.
5.2 Saran
Menurut
pendapat saya, di pandemi Covid-19 penggunaan internet sudah wajib terpenuhi
karena melihat Covid-19 di Indonesia belum 100% hilang oleh sebab itu banyak
sekolah masih menerapkan proses belajar mengajar melalui online (daring). Untuk
memberi kelancaran siswa belajar dan supaya tidak ketinggalan materi saat
belajar sudah sepatutnya orang tua memberikan fasilitas anaknya jaringan
internet
DAFTAR PUSTAKA
Apjii, TIM. 2018.
“Potret Zaman Now Pengguna Dan Perilaku Internet Indonesia”. Buletin APJII.
Edisi 23 Apri
Arifa, Fieka Nurul.
2020. “Tantangan Pelaksanaa Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat
Covid-19”. Bidang Kesejahtraan Sosial Info Singkat. Volume XII Nomor 7 April.
Depdiknas. (2006).
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Balitbang Depdiknas
Fauziah, Utin. Hairida.
dan Melati, H.A. 2013. “Peningkatan Efektifitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui
Strategi True Or False Berbantuan Media Flash.”
Firman dan Sari Rahayu
Rahman. 2020.“Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19”. Journal of
Educational Science. Volume 02 Nomor 02 Maret
Hadiati, Sri, dan Sarwi
Ruci (1999). ”Analisis Kinerja Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan.,” Jurnal
Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 1, No. 1, pp. 56-64.
Novianto, Lik. 2013.
“Perilaku Penggunaan Internet Di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif Tentang
Perilaku Penggunaan Internet Dikalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri
(FISIP UNAIR) Dengan Perguruan Tinggi Swasta (FISIP UPN) Untuk Memenuhi
Kebutuhan Informasinya)”. Jurnal Unair. Volume 2 Nomor 1.
Nupita, E.
2013.Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil
Belajar dan Keterampilan Pemecahan Masalah IPA Pada Siswa Kelas V Sekolah
Dasar.Skripsi.Universitas Negeri Surabaya.
Riyana, C. (2019).
Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka
Setijoprojo, Adji dkk.
2015. Anatomi Manjemen Pendidikan. Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Sofyana &Abdul.
2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi
Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik
Informatika, 8 (1), 81-86
Tidak ada komentar:
Posting Komentar